S1 Akuntansi

Identitas Program Studi S1 Akuntansi

Program Studi (PS) :  S1 AKUNTANSI

Jurusan/Departemen  :  AKUNTANSI

Fakultas :  EKONOMI

Perguruan Tinggi :  STIE PANCASETIA BANJARMASIN

Nomor SK pendirian PS (*)  :  240/DIKTI/KEP/1992

Tanggal SK pendirian PS :  05 JUNI 1992       

Pejabat Penandatangan

SK Pendirian PS : YUHARA SUKRA

Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS :  05 JUNI 1992

Nomor SK Izin Operasional (*) :  3205/D/T/K – XI / 2010

Tanggal SK Izin Operasional :  29 Juli 2010

Peringkat (Nilai)

Akreditasi Terakhir  :  B

Nomor SK BAN-PT  :  012/BAN-PT/Ak – X/ S1 / VI / 2007

Alamat PS  :  JL. A YANI KM. 5,5 BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

No. Telepon PS :  (+62511) 3256560 – 61

No. Faksimili PS :  (+62 511) 3256557

Homepage dan E-mail PS  :  www.stiepancasetia.ac.id

Email : stiepan.akuntansi62201@gmail.com

Visi Program Studi S1 Akuntansi
Terwujudnya Penyelenggaraan Program Studi Akuntansi yang Terkemuka dan Unggul Dalam Menghasilkan Lulusan di Bidang Akuntansi yang Berkarakter, Profesional dan Memilki Spirit Atas Etos Gila Marketing Dengan Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Hingga Tahun 2025 di Kalimantan”.

Penjelasan Visi
Terkemuka sebagai Program Studi yang berkualitas dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi melebihi Standar Nasional Perguruan Tinggi, di regional Kalimantan.

Unggul sebagai Program Studi yang memiliki kelebihan dengan semangat Gila Marketing dan diharapkan para mahasiswa dan lulusan memiliki kemampuan bidang akuntansi, baik dalam perkuliahan maupun ketika memasuki dunia kerja, dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lain di Kalimantan.

Berkarakter adalah bentukan sebagai hasil pendidikan program studi akuntansi terhadap lulusannya yang memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai moral dan kejujuran dalam berfikir  dan berperilaku.

Profesional adalah lulusan yang memiliki kompetensi bidang akuntansi, kreative dan terus mengembangkannya sebagai sesuatu yang mendasari kemahiran teknisnya.

Teknologi Informasi & Komunikasi (ICT = Information & Communication Technology) Terkini adalah sarana pembelajaran yang digunakan untuk melengkapi kurikulum dan proses pembelajaran, sehingga diharapkan para lulusan dapat menguasai sistem informasi dan teknologi komunikasi yang sudah menjadi tuntutan dunia kerja.

Gila Marketing adalah spirit atas etos yang menjadikan marketing sebagai jiwa dan nafas organisasi bagi insan – insan STIE Pancasetia yang diimplementasikan dalam cara berpikir dan bertindak secara aktif dan kreatif, bahkan unik dan berbeda dalam merespon persaingan dan memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa dan para pemangku kepentingan.

Spirit atas Etos Gila Marketing adalah “Brand” yang menjadi Ikon STIE Pancasetia, mempunyai filosofi dan kemudian menjadi nilai-nilai organisasi (Corporate Values), tersusun dalam sebuah motto “TAKTIK”  yang mempunyai arti  sebagai berikut :

  • TANGGUH adalah sikap dan kemampuan pantang menyerah, mandiri serta profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.
  • ADAPTIF adalah kemampuan menyesuaikan diri dalam setiap keadaan dan kondisi riil yang terkini, dalam merespon kebutuhan stakeholders.
  • KOMUNIKATIF adalah kemampuan dalam menyampaikan maksud dan tujuan secara efektif dan mencapai sasaran dalam menjalan peran dan fungsi masing-masing.
  • TOTALITAS adalah bekerja dengan penuh semangat, serius dan fokus, sehingga mencapai tujuan.
  • INOVATIF & KREATIF adalah daya pikir dan kemampuan kerja yang Inspiratif dan kaya dengan kreasi dalam bekerja dan melayani para stakeholders.

Penerapan aplikasi Gila marketing di program studi akuntansi dengan adanya keterkaitan kurikulum program studi akuntansi dengan mata kuliah strategi pemasaran, kewirausahaan, pengantar bisnis dan studi kelayakan bisnis serta dalam  Pelaksanaan  kegiatan marketing race dan Pelaksanaan Praktik Bisnis Gila Marketing.

Misi Program Studi S1 Akuntansi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, berbasis moralitas dan kompetensi di bidang akuntansi serta menguasai teknologi informasi dan komunikasi yang tertuang dalam kurikulum yang terus meningkat secara berkesinambungan.
  2. Meningkatkan penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akuntansi secara kreatif, inovatif dan bertanggung jawab berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan berorientasi pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan di bidang akuntansi serta penerapan hasil penelitian untuk mendukung pengembangan potensi lokal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan program studi akuntansi yang unggul dan terkemuka dengan daya saing yang tinggi didukung kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas moral, mampu berkompetisi di dunia kerja serta mampu melakukan riset dan menghasilkan karya-karya inovatif serta menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan terhadap perubahan lingkungan global, responsif dan pro aktif dalam menangkap peluang dan tantangan ke depan.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan professional dalam bidang akuntansi untuk membantu mengembangkan profesi.
  5. Menghasilkan Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan tanggap terhadap tuntutan akademik dan profesi, berkontribusi bagi pengembangan potensi lokal dan kesejahteraan masyarakat.