1O9A3793.jpg
1O9A3867 (Perot).jpg

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi STIE Pancasetia di bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Di STIE Pancasetia, Penelitian atau riset bertujuan untuk membantu pengembangan bidang ilmu Akuntansi, Kewirausahaan dan Manajemen dalam kehidupan di masyarakat. Dengan melakukan berbagai penelitian, para pelaku penelitian diharapkan untuk mampu memahami berbagai fenomena yang sedang terjadi di dunia dan mendorong peneliti untuk menemukan berbagai inovasi terbaru. Inovasi yang ditemukan damat menjadi solusi untuk berbagai permasalahan yang ditemui.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat di STIE Pancasetia berarti para pengabdi melaksanakan pengamalan ilmu Akuntansi, Kewirausahaan atau Manajemen nya (yang diperoleh menggunakan metode ilmiah/penelitian), secara langsung di masyarakat untuk memecahkan permasalahan yang terjadi.

Jenis-jenis program pengabdian pada masyarakat diantaranya meliputi penataan, loka karya, kursus-kursus, penyuluhan, kampanye, proyek percontohan, publikasi dan demonstrasi.

Selain Pengajaran, Kegiatan Penelitian & Pengabdian Masyarakat merupakan dua dari tiga unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban seorang dosen di Perguruan Tinggi. 

 

Namun Penelitian dan Pengabdian Masyarakat juga dapat dilaksanakan oleh mahasiswa/i 
guna meningkatkan pengalaman dan kompetensi nya selama menjalani kehidupan akademis. 
Dua Kegiatan ini dapat dilakukan sebagai pengganti mata kuliah di kelas (Kampus Merdeka) atau sebagai kegiatan untuk melengkapi Surat Keterangan Pendukung Ijazah. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan akan meningkatkan kompetensinya sebagai peneliti ilmiah, meningkatkan kepedulian lingkungan sosial dan dapat terlibat langsung dimasyarakat untuk memperoleh pengalaman berharga yang tidak akan didapatkannya di dalam kelas.