Kerjasama STIE Pancasetia Banjarmasin dan Kementrian Agama di Bidang Pendidikan

1.-800x445.jpeg

Perguruan tinggi swasta saat ini membuka pintunya lebar-lebar bagi siapa saja yang ingin kuliah. Khususnya untuk kalangan ASN maupun honorer, termasuk para penghulu kantor urusan agama yang ingin melanjutkan kuliah.

Melalui kesempatan ini, STIE Pancasetia Banjarmasin pun membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin kuliah. Salah satu kesempatannya ditawarkan melalui jalinan kerjasama antara STIE Pancasetia Banjarmasin dengan lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan.

Isi Kerjasama

Kedua belah pihak bersepakat untuk menjalin kerjasama pada beberapa hal. Adapun isi kerjasamanya meliputi bidang pendidikan, pengabdian kepada masyarakat, dan penelitian.

Kerja sama ini juga diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara dua belah pihak. Nota ditandatangani oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Balangan, H Muhammad Yamin dengan Ketua STIE Pancasetia, Nurus Sjamsi, yang diwakili oleh Bidang kerjasama, Ernawati.

Proses Penandatangan Kerja Sama

Proses kesepakatan kerja sama berlangsung lancar dan diproses di halaman utama kantor Kemenag Balangan, di daerah Paringin.

Proses tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Badan Pengawas Harian/Yayasan Kampus Banjarbaru STIE Pancasetia, H. Yudi Rahman.

Selain itu hadir juga Kasub Bagian Tata usaha Kemenag Balang, HM Fahmi Wahid beserta penyelenggara dan sejumlah Kasi (Kepala Seksi).

Manfaat Kerjasama STIE Pancasetia dan Kemenag Balangan

Kerjasama di bidang pendidikan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kedua belah pihak, khususnya bagi yang berencana untuk melanjutkan kuliah.

Kepada awak media, Ernawati menjelaskan bahwa kerja sama ini dapat memberikan peluang bagi para ASN di Kemenag Balangan. Para ASN dapat melanjutkan pendidikan atau mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Manfaat lain dari kerja sama ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi pegawai. Selain itu juga memudahkan para ASN maupun honorer untuk mempermudah proses jenjang kepangkatan yang lebih baik.

Para ASN maupun honorer kini berkesempatan untuk mendapatkan jenjang kepangkatan setelah menempuh pendidikan di kampus Gila Marketing, STIE Pancasetia.

Kerjasama ini bisa dimanfaatkan oleh pegawai yang hanya lulusan SMA. Kerja sama ini mampu mempercepat kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di Balangan.

Dampak Positif Kerjasama di Bidang Pendidikan Bagi SDM

Menurut Ernawati, SDM harus dinomorsatukan. Karena SDM berkualitas akan mampu menunjang kinerja berbasis pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya di Daerah Balangan.

Kerja sama ini juga merupakan sebuah rintisan agar sinergitas pemerintah, khususnya Kemenag di daerah-daerah dengan instansi pendidikan terus terjalin.

Sinergitas dipercaya dapat mewujudkan percepatan dalam membangun SDM yang berkualitas di Kabupaten Balangan dan Kalimantan Selatan.

Kerja sama juga meliputi sebuah penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Penelitian ini mampu menghasilkan data dan potret lapangan yang jauh lebih akurat.

Di lain sisi, di wilayah kerja Kemenag Balangan, pihaknya juga sudah memberikan kesempatan bagi para dosen maupun mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat dan penelitian.

Menurut dosen senior STIE Pancasetia, kerja sama ini diharapkan bisa berdampak positif pada percepatan pembangunan SDM. Dengan kerja sama di bidang pendidikan ini, maka instansi bisa mencetak pegawai yang berkualitas dan memiliki visi yang kuat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Balangan, HM Yamani mengatakan bahwa kerja sama ini dinilai sangat membantu. ASN maupun honorer, khususnya di lingkungan Kemenag Balangan.

STIE Pancasetia Banjarmasin sendiri merupakan satu-satunya kampus di Banjarmasin yang paling bagus kelasnya. Selain itu, bangunannya pun modern dan bergaya industrial.

Kuliah di Pancasetia merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Terlebih saat ini sudah terdapat kelas online dan offline yang sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Demikian informasi kerja sama antara STIE Pancasetia Banjarmasin dengan Kantor Kemenag Balangan. Semoga kerjasama di bidang pendidikan ini bisa berdampak positif bagi SDM di daerah terkait dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.