Coba 5 Hal Ini Agar Kuliah Daring Lebih Efektif!

Berdasarkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Tahun Ajaran Baru 2020/2021 oleh Kemendikbud, diputuskan bahwa perkuliahan di semua zona akan tetap dilaksanakan secara daring. Mungkin banyak dari kita yang tidak setuju dengan kebijakan ini, mengingat sistem pelaksanaan kuliah daring di sejumlah universitas yang terkesan dadakan. Banyak kendala yang ditemui oleh mahasiswa selama kuliah online, seperti penyampaian materi yang tidak maksimal hingga ke masalah sinyal. Meski begitu, keputusan ini diambil demi terjaganya kesehatan dan keselamatan kita semua. Jadi mari kita dukung usaha pemerintah dengan tetap menerapkan physical distancing agar terhindar dari pandemi Covid-19!

1. Buat daily reminder untuk kegiatanmu selama perkuliahan online

unsplash.com

Membuat daily reminder sangat penting untuk mengurangi rasa malas dan mager akibat perkuliahan yang sekarang dilakukan dari rumah. Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengorganisir kegiatannya secara terjadwal memiliki tingkat disiplin dan produktivitas yang lebih tinggi daripada yang tidak. Jadi ketika menulis daily reminder, selain membantu meningkatkan produktivitas, hal ini juga akan membuatmu mengingat aktivitas yang ingin kamu lakukan.

Catat jadwal perkuliahanmu, jangan sampai melewatkan satu kelaspun. Meskipun secara online, tetap posisikan dirimu sama seperti sedang mengikuti perkuliahan biasa ya guys. Rapikan tempat belajar, pastikan sudah mandi dan gunakan pakaian rapi, serta hindari rebahan di kasur! Buat suasana yang nyaman untuk menjaga konsentrasimu selama perkuliahan online.

Tulis juga kegiatan lain yang ingin kamu lakukan di hari itu. Misalnya memasak, berkebun atau olahraga. Intinya selain mengisi hari-harimu dengan kegiatan yang bermanfaat, pastikan untuk tetap menjalankan kewajibanmu mempelajari materi dan mengerjakan tugas kuliah daring ya!

2. Hindari mengerjakan tugas mepet deadline!

Menghadapi kuliah online, kebanyakan dosen memilih untuk memberikan tugas-tugas sebagai pengganti perkuliahan tatap muka serta melatih mahasiswa belajar mandiri. Jujur, metode ini memberatkan bagi mahasiswa. Namun kenyataannya, masih banyak dosen yang melakukan hal ini. Oleh karena itu, Sobat Campuspedia harus menghindari menunda-nunda mengerjakan tugas supaya nggak kewalahan.

Buat list tugas tiap mata kuliah kemudian prioritaskan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Lebih baik mencicil sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali. Hindari sistem kebut semalam dan begadang yang bisa membuat imunmu turun. Jaga kesehatan dengan istirahat yang cukup sangat diperlukan apalagi di masa pandemi ini guys. Semangat!

3. Simak dan catat hal-hal penting layaknya perkuliahan biasa

unsplash.com

Tidak hanya menyimak, kamu juga wajib untuk mencatat hal-hal penting dalam materi perkuliahan layaknya ketika pertemuan tatap muka biasa. Dengan demikian meskipun kuliah dilaksanakan secara daring, kamu akan tetap bisa memahami materi dan mengetahui poin-poin penting di mata kuliah tersebut.

Menulis catatan sudah terbukti menjadi salah satu teknik belajar yang efektif guna memperdalam pemahaman. Jangan tinggalkan kebiasaan-kebiasaanmu saat perkuliahan biasa guys. Tetap bertanya jika kamu kurang paham tentang materi yang diberikan, tetap catat materi perkuliahan, tetap aktif mencari sumber bacaan lain, dan sebagainya.

4. Olahraga secara rutin itu perlu!

Selama masa perkuliahan online, lakukan hal yang menyenangkan untuk membantumu mengelola stress serta mampu membuat pikiran lebih fresh. Contohnya olahraga! Selama masa pandemi, sangat disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin karena olahraga terbukti dapat meningkatkan imun, mengurangi rasa stress dan depresi. Olahraga juga mampu mempercepat proses informasi serta meningkatkan rentang perhatian dan kemampuan pemecahan masalahmu.

Kenyataannya, secara kimia, peredaran darah dan berbagai hormon yang muncul setelah berolahraga sangat bermanfaat terhadap pola pembelajaran. Hormon seperti dopamin, serotonin, dan norepinephrine, yang berpengaruh terhadap “kebahagiaan” kita muncul. Pikiran fresh, materi gampang masuk, proses pembelajaran jadi efektif deh!

5. Ubah mindset dan nikmati perkuliahan daringmu!

unsplash.com

Tanamkan dalam dirimu bahwa class from home sama saja dengan kuliah tatap muka pada umumnya. Yang berbeda hanya tempat, sistem, dan suasana saja kok! Jangan samakan kuliah daring dengan libur ya? Nikmati prosesnya, lama-lama pasti akan terbiasa. Ciptakan rasa enjoy dan usahakan tidak merasa terbeban sehingga pembelajaran bisa berjalan efekftif. Kelola stressmu dengan melakukan hobi dan kegiatan yang menyenangkan.

Ingat bahwa the power of positive mindset itu benar adanya! Latih dirimu untuk selalu melihat hal positif dalam suatu kejadian, termasuk kondisi pandemi yang mengharuskan kamu untuk mengikuti perkuliahan secara daring. Kamu jadi punya lebih banyak waktu dengan keluarga, waktu untuk mengenal dirimu dan menemukan setiap potensi dalam diri yang sebelumnya tidak kamu ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *