Beasiswa Penuh S1 di Monash University

Apa itu K.C. Kuok Scholarship?

K.C. Kuok Scholarship adalah program beasiswa yang didanai oleh salah satu alumni paling terkemuka dari Monash University yakni Khoon Chen Kuok atau yang lebih dikenal dengan sebutan Beau Kuok. Beasiswa ini diperuntukkan untuk siswa-siswi lulusan SMA berprestasi yang mengalami masalah finansial agar bisa bersekolah di Monash University.

Apabila dinilai sukses dan berhasil, biaya perkuliahan dan pembelajaran yang terkait temasuk akomodasi, tiket pesawat, dan lain sebagainya akan disupport secara penuh hingga berhasil memperoleh gelar sesuai dengan jurusan yang diinginkan di Monash University. Keren banget kan guys?

Mengapa Harus Monash University?

Monash University berdiri pada tahun 1958 lalu tumbuh menjadi jaringan kampus, pusat pendidikan, dan kemitraan yang dikenal di seluruh dunia. Monash University merupakan salah satu anggota Group of Eight atau koalisi delapan universitas  paling top di Australia, kini telah memiliki lebih dari 60.000 mahasiswa dan 300.000 alumni dari lebih dari 170 negara dan menempati peringkat ke-75 universitas terbaik dunia, seperti yang dimuat oleh Times Higher Education World University Rankings 2020.

Berikut adalah daftar fakultas yang ada di Monash University: Seni dan Desain (Art and Design), Ilmu Budaya (Arts), Bisnis & Ekonomi (Business & Economics), Pendidikan (Education), Teknik (Engineering), Teknologi Informasi (Information Technology), Hukum (Law), Kedokteran, Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (Medicine, Nursing & Health Sciences), Farmasi (Pharmacy) (Victorian College of Pharmacy) dan Ilmu Pengetahuan Alam (Science).

Syarat Pendaftaran

  • Merupakan siswa internasional dengan kewarganegaraan Cina, Indonesia, Hong Kong atau negara-negara di Asia Tenggara lainnya
  • Mengajukan full-time Monash course di jurusan bergelar tunggal apapun, di Monash University kampus Australia.
  • Belum pernah menempuh pendidikan di Monash University sebelumnya.
  • Menunjukkan bukti penghasilan orangtua, karena beasiswa ini diutamakan bagi siswa dari keluarga yang mengalami kendala finansial.
  • Pemberian beasiswa berdasarkan siswa dengan prestasi akademik yang luar biasa namun terhalang masalah ekonomi.
  • Siswa akan dinilai berdasarkan essay mengenai aspirasi diri sendiri (750 kata) dan pernyataan mengenai kebutuhan dukungan finansial (500 kata) serta melalui wawancara.
  • Mampu memperoleh dan mempertahankan nilai rata-rata minimal 65.
  • Mampu mengambil dan mempertahankan beban studi atau SKS secara penuh. Di Monash University sendiri full-time study load berada pada kisaran 36-48 kredit.

Cakupan Beasiswa

  • Biaya pendidikan penuh serta dukungan biaya studi terkait hingga total AUD $280.000, sehingga memungkinkan Sobat Campuspedia untuk menyelesaikan gelar sarjana penuh waktu di Monash University Kampus Australia.
  • Tunjangan $10.000 AUD per tahun.
  • Akomodasi seluruh fasilitas di Monash University.
  • Biaya visa pelajar akan ditangguh oleh K.C. Kuok Scholarship.
  • Dua tiket penerbangan untuk pulang ke negeri asal setiap tahunnya.
  • International student health insurance.
  • Travel dan textbooks.

Cara Mendaftar

  1. Untuk siswa yang dari Indonesia, berikut laman mengenai informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini: Beasiswa K.C. Kuok untuk Siswa yang Berasal dari Cina, Indonesia, dan Negara Asia Tenggara lainnya
  2. Untuk mendaftar beasiswa ini, peserta wajib dan disarankan untuk menggunakan form pendaftaran online. 
  3. Untuk yang mengalami kendala, dapat mengunduh form pendaftaran offline dan mengirim seluruh dokumen terkait ke asiascholarship@monash.edu dengan subject header ‘K.C. Kuok Scholarship – [Nama Peserta]’.
  4. Peserta juga harus mengirimkan pendaftaran untuk jurusan program sarjana pada laman berikut: Monash University Course Application.
  5. Pendaftar beasiswa ini akan dibebaskan dari biaya pendaftaran sebesar $100. Harap meminta kode pengabaian dari asiascholarship@monash.edu  sebelum mengumpulkan pendaftaran jurusan yang diinginkan.
  6. Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan ke program sarjana yang diinginkan: international undergraduate courses 2021.
  7. Untuk pertanyaan lebih lanjut, peserta dapat menghubungi e-mail asiascholarship@monash.edu.
  8. Beasiswa ini tidak bisa ditangguhkan.
  9. Timeline akan terus diperbarui mengingat perkuliahan kemungkinan ditunda akibat pandemi Covid-19.
  10. Pendaftaran akan ditutup pada 10 Juli 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *